📋 Prabowo Subianto Dapat Gelar Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo memberikan kenaikan pangkat kehormatan menjadi jenderal bintang empat kepada Prabowo Subianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada hari Rabu, memberikan kenaikan pangkat kehormatan menjadi jenderal bintang empat kepada Menteri Pertahanan dan mantan jenderal tiga bintang, Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto Dapat Gelar Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi
Saat menghadiri pertemuan kepemimpinan bersama TNI-Polri 2024 di markas militer ini, presiden menyatakan bahwa pangkat kehormatan diberikan kepada Prabowo sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam pembangunan pertahanan dan keamanan negara.

"Saya ingin memberikan kenaikan pangkat kehormatan Jenderal kepada Bapak Prabowo Subianto. Kenaikan pangkat kehormatan ini sebagai penghargaan dan untuk menguatkan komitmennya dalam bekerja untuk rakyat, bangsa, dan negara," kata Jokowi.

Saat memberikan pangkat kehormatan tersebut, presiden secara pribadi melepas lencana jenderal tiga bintang dari bahu Prabowo dan memasang lencana bintang empat yang baru. Jenderal yang sudah pensiun ini mengenakan seragam militer lengkap, termasuk dekorasi militer, saat upacara tersebut.

Jokowi juga memberikan salinan Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/2024, yang menjadi dasar hukum untuk kenaikan pangkat kehormatan, kepada Prabowo. Keputusan presiden tersebut ditandatangani pada tanggal 21 Februari 2024.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto," ucap presiden kepada Prabowo saat memberikan pangkat kehormatan tersebut.

Dengan kenaikan pangkat kehormatan ini, gelar Prabowo akan menjadi "Jenderal (Kehormatan)". Ia berbagi gelar tersebut dengan mantan jenderal militer lainnya, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain memberikan kenaikan pangkat kehormatan kepada Prabowo, presiden juga memberikan instruksi kepada pejabat militer dan polisi yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Pejabat yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala staf militer. Menteri Kabinet dan pimpinan parlemen juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Link copied to clipboard.