📋 Perubahan Drastis Hutan Kalimantan Dampak Pembangunan Ibukota (IKN)

Ibu kota terbaru di dunia terlihat muncul dari hutan dalam foto-foto satelit yang diambil dari luar angkasa

Ibu kota terbaru di dunia terlihat muncul dari hutan dalam foto-foto satelit yang diambil dari luar angkasa. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, dan kota ibu kotanya, Jakarta, merupakan salah satu ibu kota yang tenggelam dengan cepat di dunia.

Hutan Kalimantan Dampak Pembangunan Ibukota
Sumber gambar: NASA

Sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945, Jakarta telah berkembang dari kurang dari satu juta penduduk menjadi sekitar 30 juta.

Bukan hanya kehabisan ruang dan dilanda kemacetan serta polusi, Jakarta juga semakin tenggelam ke dalam tanah dan suatu hari nanti akan hilang.

Sebanyak 40% wilayah Jakarta saat ini berada di bawah permukaan laut dan diprediksi bahwa 25% ibu kota Indonesia akan terendam pada tahun 2050.

Sebagai hasilnya, Indonesia mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan ibu kota mereka dari Jakarta ke tempat terpencil yang disebut "Nusantara" di Kalimantan Timur yang terletak di tengah hutan belantara.
Ibu Kota yang Belum Ada

Seperti yang dilaporkan oleh IFLScience, rencana ambisius untuk memindahkan ibu kota telah dijadikan undang-undang di Indonesia pada tahun 2022, ketika situs yang diusulkan yaitu Nusantara masih berupa hutan tropis.

Sekarang, hampir dua tahun kemudian, gambar satelit yang dibagikan oleh NASA Earth Observatory menunjukkan bagaimana sebuah ibu kota yang belum ada bisa terlihat perlahan muncul di tengah hutan.

Dalam foto satelit yang diambil oleh NASA Earth Observatory pada April 2022, wilayah tersebut terlihat dari luar angkasa sebagai hutan hujan tropis yang luas.

Namun, pada Februari 2024, gambar-gambar NASA dari titik pengamatan yang sama mengungkap bagaimana pemukiman tersebut secara bertahap mulai mengambil bentuk menjadi ibu kota Indonesia.

Gambar satelit baru menunjukkan bagaimana hutan-hutan Nusantara telah mengalami perubahan cepat dan bagaimana tanah telah terbuka untuk dijadikan jaringan jalan. 

Dalam foto-foto dari luar angkasa, terlihat jalan-jalan yang dipahat di dalam lanskap dan beberapa bangunan telah didirikan sebagai bagian dari ibu kota masa depan.

Meskipun situs tersebut mengalami perubahan yang signifikan selama satu setengah tahun terakhir, kota tersebut masih jauh dari selesai. Rencananya, konstruksi akan selesai pada tahun 2045.

Pemindahan ke Nusantara merupakan bagian dari rencana Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menyelamatkan penduduk Jakarta. Pemerintah Indonesia berharap dapat memindahkan hingga 1,9 juta orang ke Nusantara pada tahun 2045, dengan sebagian pegawai negeri sipil pindah sejak tahun ini.

Namun, beberapa peneliti telah menyatakan kekhawatiran tentang pemindahan ibu kota. Menurut CNBC, perkiraan biaya pembangunan Nusantara mencapai sekitar $35 miliar, tetapi pemerintah hanya berkomitmen untuk menginvestasikan 20% dari dana yang dibutuhkan, menurut situs resmi proyek tersebut.

Pemerintahan Jokowi berharap 80% sisa pendanaan akan berasal dari investor asing, tetapi peneliti yang diwawancarai oleh CNBC mengatakan bahwa ada beberapa keraguan dalam mengalokasikan dana untuk proyek ini, dan hal itu dapat menghambat kemajuan lebih lanjut.

Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Link copied to clipboard.