📋 16 Rumah Rusak Lagi di Bandung Gara-gara Puting Beliung!

16 Rumah Rusak Lagi di Bandung Gara-gara Puting Beliung!

BPBD Jawa Barat mencatat ada 16 rumah yang rusak gara-gara angin puting beliung di Desa Citawa, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kejadiannya itu hari Sabtu tanggal 24 Februari lalu.

Kata Hadi Rahmat, yang jadi juru bicara BPBD, bencana ini berdampak langsung ke 16 keluarga atau total 56 orang.

Tim gabungan dari BPBD Provinsi dan Kabupaten Bandung, ditambah TNI sama Polri, langsung turun tangan buat betulin atap rumah warga yang rusak. Mereka juga bersih-bersih puing-puing bangunan yang pada roboh.

Pihak terkait mengaku sudah mengumpulkan data warga yang rumahnya terkena dampak bencana. Jumlah rumah rusak kemungkinan bakal bertambah, datanya masih dikumpulkan.

"Kami masih validasi seberapa parah kerusakannya. Saat ini, pendataan masih berjalan," kata Rahmat.

Untungnya tidak ada korban jiwa, tapi dia minta masyarakat tetap waspada karena puncak musim hujan diperkirakan terjadi di bulan Maret.

"Masyarakat diminta tetap tenang, tapi juga harus waspada dengan potensi bencana di musim hujan ini. Hati-hati kalau ada awan gelap, kalau sedang di jalan lebih baik menepi dulu atau cari bangunan permanen," sarannya.

Tanggal 21 Februari kemarin, angin puting beliung dengan kecepatan 36 km/jam terjadi di lima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Sumedang.

Daerah-daerah yang terdampak di Kabupaten Bandung meliputi Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi. Sedangkan di Kabupaten Sumedang daerah yang terdampak ada di Jatinangor dan Cimanggung.

Dari data BPBD Jawa Barat, tercatat ada 1.191 rumah yang rusak sehingga 1.228 keluarga terdampak bencana tersebut.

Turut berduka cita atas musibah angin puting beliung yang melanda Kabupaten Bandung dan Sumedang.

Kami mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini. Semoga para korban yang terluka mendapatkan kesembuhan dan pemulihan yang cepat.

Kami berharap pemerintah dan pihak terkait dapat segera memberikan bantuan dan pemulihan bagi masyarakat yang terdampak.

Marilah kita bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudari kita yang terkena musibah ini.

Semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan kekuatan bagi kita semua.

Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Link copied to clipboard.